Tautan-tautan Akses

3 Akun Media Sosial Zuckerberg Diretas

  • Associated Press

CEO Facebook Mark Zuckerberg berbicara dalam diskusi panel di Forum Pembangunan China, di Beijing (19/3). (AP/Mark Schiefelbein)

CEO Facebook Mark Zuckerberg berbicara dalam diskusi panel di Forum Pembangunan China, di Beijing (19/3). (AP/Mark Schiefelbein)

Facebook Inc. mengatakan bahwa tidak ada dari sistem atau akun perusahaan yang diakses dan bahwa akun-akun Zuckerberg yang terimbas telah dapat diamankan kembali.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menemukan akun Twitternya dibajak, demikian juga dengan sedikitnya dua dari akun-akun media sosial lain miliknya.

Akun dan kata kunci Facebook Zuckerberg tidak teretas, menurut pernyataan perusahaan; akunnya di Instagram, yang dimiliki Facebook, juga tidak terpengaruh.

Facebook Inc. mengatakan Senin pagi (6/6) bahwa tidak ada dari sistem atau akun perusahaan yang diakses dan bahwa akun-akun Zuckerberg yang terimbas telah dapat diamankan kembali.

Seseorang yang mengetahui situasi tersebut mengukuhkan bahwa akun-akun Zuckerberg di LinkedIn dan Pinterest terpengaruh. Para eksekutif dua jaringan media sosial itu tidak memberikan komentarnya.

Tidak jelas bagaimana peretasan terjadi. Namun serentetan pelanggaran data masif di perusahaan-perusahaan, serta berita baru-baru ini bahwa pelanggaran di LinkedIn Corp. tahun 2012 jauh lebih besar dari yang telah diungkapkan, telah memberi para peretas sejumlah besar data kata kunci untuk digarap. Beberapa pengguna Twitter yang terkenal juga mendapati akun-akun mereka dibajak dalam beberapa mingu terakhir.

Nama Zuckerberg sinonim dengan Facebook, tapi miliarder itu memiliki beberapa akun di jaringan sosial pesaing, termasuk di Google Inc. Tak satupun dari akun-akun itu sangat aktif. [hd]

XS
SM
MD
LG