Tautan-tautan Akses

Mesir, Turki Kecam Presiden Suriah Bashar al-Assad


Mesir dan Turki mengecam Presiden Suriah Bashar al-Assad karena melakukan pembantaian massal terhadap rakyatnya sendiri (foto: dok).

Mesir dan Turki mengecam Presiden Suriah Bashar al-Assad karena melakukan pembantaian massal terhadap rakyatnya sendiri (foto: dok).

PM Turki Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan kekecewaan lebih jauh karena tidak adanya konsensus internasional mengenai kekacauan di Suriah.

Presiden Mesir mengatakan pemimpin Suriah Bashar al-Assad harus belajar dari berbagai peristiwa belakangan ini dan mengundurkan diri sebelum terlambat.

Sementara itu, perdana menteri Turki mengatakan Suriah telah berubah menjadi negara teroris yang melakukan pembantaian massal terhadap rakyatnya sendiri.

Presiden Mesir Mohamed Morsi mengatakan dalam pertemuan Liga Arab di Kairo, hari Rabu, bahwa suatu resolusi bagi krisis itu merupakan tanggungjawab negara-negara Arab, seraya mengulangi seruannya bagi pemerintah Suriah agar mengundurkan diri. Ia mengatakan telah tiba waktunya di Suriah untuk berubah dan tidak membuang waktu berbicara tentang reformasi.

Morsi juga mengatakan empat negara di kawasan yang diusulkan Kairo untuk membahas krisis Suriah akan bertemu. Kelompok itu terdiri dari Turki, Arab Saudi, Iran dan Mesir.

Dalam pernyataan terpisah, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan kekecewaan lebih jauh karena tidak adanya konsensus internasional mengenai kekacauan di Suriah. Ia mengatakan kepada peserta pertemuan partainya yang berkuasa, AK, di Ankara bahwa Turki tidak dapat bersikap acuh tak acuh terhadap apa yang terjadi di Suriah.
XS
SM
MD
LG