Tautan-tautan Akses

100 Ribu Mengungsi dari Suriah Selama Bulan Agustus


Pengungsi Suriah beristirahat di tempat penampungan Bab Al-Salam di kota Azaz, dekat perbatasan dengan Turki (foto: dok).

Pengungsi Suriah beristirahat di tempat penampungan Bab Al-Salam di kota Azaz, dekat perbatasan dengan Turki (foto: dok).

Badan pengungsi PBB (UNHCR) mengatakan 100.000 pengungsi melarikan diri dari Suriah pada bulan Agustus saja, total bulanan tertinggi sejak pemberontakan dimulai.

Juru bicara badan pengungsi PBB atau UNHCR, Melissa Fleming mengatakan kepada wartawan Selasa di Jenewa, kenaikan jumlah orang yang mencari suaka di negara-negara tetangga itu menakjubkan. Total pengungsi Suriah yang terdaftar atau menunggu pendaftaran di badan pengungsi itu menjadi hampir 235 ribu pada tanggal 2 September.

Para aktivis mengatakan sekitar 5.000 orang tewas pada bulan Agustus, jumlah korban tertinggi dalam pemberontakan yang berlangsung 17 bulan itu dan lebih dari tiga kali rata-rata bulanan.

Badan anak-anak PBB mengatakan 1.600 orang tewas pekan lalu saja, juga angka tertinggi selama pemberontakan.

Kelompok oposisi yang berbasis di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights, dan Komite Koordinasi Lokal telah menambah total korban tewas menjadi antara 23.000 dan 26.000.
XS
SM
MD
LG