Tautan-tautan Akses

Mesir Bersiap Hadapi Demo Besar Pro dan Anti-Morsi


Tentara Mesir berkendaraan lapis baja berjaga di sekitar istana presiden di Kairo, Mesir (11/7).

Tentara Mesir berkendaraan lapis baja berjaga di sekitar istana presiden di Kairo, Mesir (11/7).

Kelompok Ikhwanul Muslimin di Mesir menyerukan protes besar-besaran, Jumat (12/7), untuk menunjukkan dukungan bagi presiden terguling Mohamed Morsi.

Juru bicara Ikhwanul Muslimin, Gehad al-Haddad, mengatakan kepada VOA, aksi demo yang rencananya akan dilaksanakan seusai ibadah sholat Jumat itu merupakan aksi protes damai untuk mempertanyakan apa yang dianggap kelompok itu kudeta militer terhadap pemimpin mereka yang terpilih secara bebas untuk pertama kalinya di Mesir.

Ikhwanul Muslimin telah menolak berpartisipasi dalam rencana pembentukan pemerintah transisi, dan mengatakan kelompok itu akan terus melangsungkan protes hingga Morsi dipulihkan jabatannya.

Sementara itu, para penentang Morsi berencana untuk berkumpul di Kairo untuk merayakan pergolakan massa yang mendorong militer menggulingkan Morsi, yang hingga saat ini dalam tahanan militer.

Sejak penggulingan Morsi pekan lalu, bentrokan maut antara kedua faksi mengancam negara terbesar di dunia Arab itu terjerumus ke dalam krisis sektarian skala besar.
XS
SM
MD
LG