Tautan-tautan Akses

Mesir akan Terima Bantuan $12 Miliar dari Negara-Negara Arab


Warga Mesir menghitung uang di sebuah kantor penukaran valas di pusat kota Kairo (Foto: dok). Nilai mata uang Mesir kehilangan lebih dari 10 persen terhadap dolar tahun ini.

Warga Mesir menghitung uang di sebuah kantor penukaran valas di pusat kota Kairo (Foto: dok). Nilai mata uang Mesir kehilangan lebih dari 10 persen terhadap dolar tahun ini.

Nilai mata uang Mesir kehilangan lebih dari 10 persen terhadap dolar tahun ini, pengangguran meningkat dan pemerintahan Mesir bergantung pada pemberian dan simpati negara-negara tetangganya untuk bertahan hidup.

Janji $12 miliar bantuan dari negara-negara kaya Arab di Teluk Persia merupakan hal yang penting bagi para pemimpin Mesir yang didukung militer, agar dapat bernafas lega untuk melakukan pembayaran impor pangan dan bahan bakar. Tetapi, manfaat bantuan itu hanya untuk sementara, karena ekonomi Mesir yang rusak tetap tidak diperbaiki.

Kekerasan dan memburuknya keamanan di Mesir akibat kerusuhan politik selama lebih dari sua tahun, mengakibatkan wisatawan dan penanam modal takut datang ke negara tersebut. Subsidi pangan dan bahan bakar juga sama buruknya, menghabiskan hampir sepertiga anggaran Mesir yang sudah tipis.

Kekerasan babak terbaru, ketika lebih dari 50 pendukung Presiden Islamis Mohammed Morsi tewas dalam bentrokan dengan militer hari Senin, kemungkinan besar akan menimbulkan dampak terhadap ekonomi, dengan menyebarkan keraguan akan kemampuan para pemimpin baru untuk memberi kestabilan.

Tuntutan utama jutaan rakyat yang berdemonstrasi menentang Morsi adalah keadaan hidup yang lebih baik. Hampir tidak ada yang membaik sejak Morsi menjabat sebagai presiden setahun lalu, setelah kemiskinan, korupsi yang meraja-lela dan kroni kapitalisme mendorong jutaan orang bergabung dalam pergolakan yang dipimpin pemuda menentang Presiden Hosni Mubarak tahun 2011.

Morsi mewarisi masalah ekonomi yang kritis, dan ekonomi memburuk lebih jauh dibawah kekuasaannya dalam satu tahun. Mata uang Mesir kehilangan lebih dari 10 persen nilainya terhadap dolar tahun ini, pengangguran meningkat hingga 13 persen dan pemerintahannya bergantung pada pemberian dan simpati negara-negara tetangganya untuk bertahan hidup.
XS
SM
MD
LG