Tautan-tautan Akses

Merkel Desak China, AS Atasi Sengketa Maritim di Pengadilan Internasional


PM China Li Keqiang (kiri) dan Kanselir Jerman, Angela Merkel pada upacara kehormatan penyambutan Merkel di Beijing, China, Kamis (29/10).

PM China Li Keqiang (kiri) dan Kanselir Jerman, Angela Merkel pada upacara kehormatan penyambutan Merkel di Beijing, China, Kamis (29/10).

Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak China untuk mengatasi sengketa Laut China Selatan dengan AS di pengadilan internasional.

Dalam lawatannya ke Beijing hari Kamis, Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak China untuk mengatasi sengketa Laut China Selatan dengan AS di pengadilan internasional.

Merkel mengatakan penting agar rute perdagangan laut tetap terbuka, meskipun ada sengketa, yang memanas pekan ini setelah sebuah kapal perang AS menantang klaim maritim China di Laut China Selatan.

Merkel bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang ketika Jerman dan China menandatangani sejumlah perjanjian komersial Kamis, termasuk sebuah perjanjian mengenai rencana China membeli 130 jet dari Airbus Group SE bernilai 17 miliar dolar.

Merkel didampingi delegasi yang beranggotakan 20 eksekutif Jerman dari sektor mesin, otomotif, listrik dan telekomunikasi, termasuk CEO baru Volkswagen Matthias Muller.

China adalah mitra dagang Jerman yang ketiga terbesar di dunia, dengan perdagangan bilateral mencapai lebih dari 165 miliar dolar pada tahun 2014. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG