Tautan-tautan Akses

China Kecam Pengiriman Kapal Tempur AS ke Laut China Selatan


Kapal tempur AS USS Lassen mendekati kawasan karang Subi di Laut China Selatan yang sedang diperselisihkan dan diklaim oleh China (foto: dok).

Kapal tempur AS USS Lassen mendekati kawasan karang Subi di Laut China Selatan yang sedang diperselisihkan dan diklaim oleh China (foto: dok).

Pemerintah China Rabu (28/10) mengecam keras Amerika karena mengirim kapal tempur ke kawasan pulau-pulau kecil dan karang di Laut China Selatan.

China mengecam keras Amerika karena mengirim kapal tempur ke kawasan pulau-pulau kecil dan karang di Laut China Selatan yang sedang diperselisihkan dan diklaim oleh China, meskipun Amerika berjanji akan tetap melakukan lebih banyak misi patroli di sana.

Kementerian Luar Negeri China hari Rabu (28/10) mengatakan telah memanggil Duta Besar Amerika di China Max Baucus untuk menyampaikan protes resmi atas insiden hari Selasa (27/10), yang menunjukkan tantangan paling berani yang dilakukan Amerika terhadap klaim wilayah China yang kontroversial.

Pejabat-pejabat militer di Washington mengatakan pelayaran mendekati kawasan karang Subi milik China itu merupakan latihan “kebebasan navigasi” yang tidak terkait dengan pertanyaan atas kedaulatan wilayah, yang juga diklaim oleh Vietnam dan Filipina.

Seorang sumber di Departemen Pertahanan Amerika yang tidak ingin disebut namanya hari Selasa mengatakan kepada VOA, tampaknya Angkatan Laut Amerika akan menggelar lebih banyak patroli di kawasan itu. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG