Tautan-tautan Akses

Menteri Pertahanan AS Kunjungi Kapal Induk di Laut China Selatan


Menteri Pertahanan AS Ashton Carter saat mengunjungi kapal induk USS Theodore Roosevelt,5 November 2015 (Foto: Departemen Pertahanan AS/dok).

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter saat mengunjungi kapal induk USS Theodore Roosevelt,5 November 2015 (Foto: Departemen Pertahanan AS/dok).

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengunjungi kapal perang AS di Laut Cina Selatan untuk menekankan komitmen AS bagi keamanan di kawasan itu, di mana China memiliki sengketa teritorial dengan beberapa tetangganya.

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengumumkan kunjungan itu, Jumat (15/4) di Manila, pada upacara penutupan latihan militer bersama AS-Filipina yang disebut Balikatan. Katanya dia akan melawat kapal induk USS John C. Stennis dan berlayar ke Laut China Selatan.

Dia mengatakan keamanan di wilayah tersebut seperti oksigen, walaupun sudah cukup tapi tidak kelihatan.

Carter mengatakan kegiatan seperti latihan militer bersama Amerika Serikat dan Filipina yang baru saja tuntas penting untuk melindungi keamanan di wilayah tersebut.

Dia mengungkapkan hari Kamis (14/4) bahwa militer AS sedang meningkatkan kehadirannya di kepulauan itu dengan rotasi pasukan dan peralatan. Carter mengatakan patroli bersama pertama di Laut China Selatan dilakukan pada bulan Maret. Para pejabat pertahanan mengatakan patroli bersama kedua selesai pada awal April.

China memprotes Jumat (15/4). Dalam komentar di media pemerintah, Beijing mengatakan Amerika Serikat adalah mengambil "pendekatan miring" yang mendukung saingan China dalam klaim wilayah di Laut China Selatan. China menambahkan bahwa tidak akan ada yang mengguncang tekad untuk menjaga klaim wilayahnya. [as/uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG