Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon Tidak akan Demosi Petraeus


Jenderal Purnawirawan David Petraeus, mantan Direktur CIA bersama penulis biografinya, Paula Broadwell. (Foto: dok.)

Jenderal Purnawirawan David Petraeus, mantan Direktur CIA bersama penulis biografinya, Paula Broadwell. (Foto: dok.)

Pentagon tidak akan menurunkan pangkat atau kedudukan purnawirawan Jendral David Petraeus akibat kasus pemberian informasi rahasia dan hubungan gelapnya dengan penulis biografinya, Paula Broadwell.

“Pihak militer telah menyelesaikan pengkajian-ulang atas kasus Petraeus dan tidak merekomendasikan tindakan tambahan,” tulis asisten Menteri Pertahanan Stephen Hedger kepada Komite Urusan Militer Senat hari Jum’at (29/1). Mencermati kajian itu, Hedger mengatakan Menteri Pertahanan Ashton Carter “menilai persoalan itu sudah selesai.”

Beberapa laporan media menunjukkan Pentagon sedang mempertimbangkan untuk menurunkan pangkat Petraeus menjadi jendral bintang tiga. Jika langkah itu diambil maka akan mengurangi tunjangan pensiun Petraeus.

Sejumlah dokumen pengadilan menunjukkan, Petraeus berbohong kepada agen-agen FBI, mengungkapkan data-data sensitif kepada Paul Broadwell dan apa yang dilakukan Broadwell atas data-data itu dalam wawancara yang direkamnya. Broadwell adalah salah seorang penulis biografi tentang Petraeus, yang berjudul ‘’All In, The Education of General David Petraeus."

Terungkapnya hubungan antara Petraeus dan Broadwell telah memaksa Petraeus mundur dari jabatannya sebagai Direktur CIA dan menodai reputasinya. [em]

XS
SM
MD
LG