Tautan-tautan Akses

Menteri Keuangan Zona Euro Kembali Berunding


Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras berbicara dengan Presiden Uni Eropa Jean-Claude Juncker dan Presiden Perancis Francois Hollande dalam sebuah pertemuan kepala negara anggota zona euro di gedung Dewan Uni Eropa di Brussels, 12 Juli 2015.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras berbicara dengan Presiden Uni Eropa Jean-Claude Juncker dan Presiden Perancis Francois Hollande dalam sebuah pertemuan kepala negara anggota zona euro di gedung Dewan Uni Eropa di Brussels, 12 Juli 2015.

Menteri-menteri keuangan dari 19 negara kelompok pengguna mata uang euro hari Minggu (7/12) berunding kembali, untuk menentukan apakah akan memberi Yunani dana talangan baru setelah gagal mencapai keputusan pada malam sebelumnya.

Ini merupakan hari penentuan bagi Yunani. Apakah ke-19 negara pengguna mata uang euro setuju Yunani memenuhi syarat untuk menerima dana talangan lagi? Atau mereka menolak reformasi yang diusulkan oleh pemerintah Yunani; langkah yang dapat menyebabkan kekacauan keuangan bagi Yunani dan mungkin terdepak dari zona euro?

Setelah gagal mencapai keputusan hari Sabtu (11/7), para menteri keuangan zona euro kembali melakukan pembicaraan lebih lanjut Minggu pagi ditengah-tengah berbagai perkiraan hasil perundingan itu. Menteri Keuangan Finlandia Alexander Stubb, salah seorang menteri yang paling skeptis, memberi nilai perundingan antara 3 atau 4 pada skala nilai 10 terbaik.

"Apa yang kami katakan adalah bahwa persyaratan yang disampaikan Yunani tidak cukup pada tahap ini. Kita perlu komitmen jelas, persyaratan yang jelas dan bukti jelas bahwa persyaratan-persyaratan tersebut akan dilaksanakan pada akhirnya. Itulah pendirian kami," ujarnya.

Menteri Keuangan Siprus Harris Georgiades, yang negaranya juga menerima dana talangan dari Uni Eropa, lebih optimistis, dengan mengesampingkan kemungkinan keluarnya Yunani dari zona euro.

"Menurut saya, kita sekarang punya landasan baik yang seharusnya memungkinkan kita untuk maju ke tahap berikutnya, ke tahap merundingkan rincian penyusunan nota kesepakatan yang akan memberi prospek bagi Yunani. Yunani membutuhkan dana reformasi ambisius dan ini yang harus kita amanatkan kepada para aparat dan lembaga untuk merundingkannya hari ini," kata Georgiades.

Banyak pejabat masih yakin perundingan hari ini akan berlangsung sulit. Menteri Keuangan Yunani tidak berkomentar ketika tiba hari Minggu.

Yang akan dirundingkan adalah sebuah paket reformasi diusulkan oleh Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, yang didukung para anggota parlemen Yunani. Beberapa reformasi dalam usulan itu bahkan lebih ketat dibandingkan yang diajukan para kreditor Yunani, dan yang ditolak rakyat Yunani dalam referendum. Sebagai imbalannya, Yunani meminta hampir $ 60 miliar dana talangan baru, meskipun para ahli memperkirakan sebenarnya diperlukan miliaran lebih lagi untuk merestrukturisasi utang Yunani.

Para pemimpin zona euro bertemu Minggu sore. Pertemuan seluruh pemimpin ke-28 negara Uni Eropa yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung hari Minggu telah dibatalkan. (zb/ds)

XS
SM
MD
LG