Tautan-tautan Akses

Parlemen Yunani Setujui Paket Reformasi Baru


Menteri Keuangan Yunani Euclid Tsakalotos tiba di Gedung Parlemen Yunani di Athena, 10 Juli 2015 (Foto: dok).

Menteri Keuangan Yunani Euclid Tsakalotos tiba di Gedung Parlemen Yunani di Athena, 10 Juli 2015 (Foto: dok).

Parlemen Yunani telah menyetujui paket reformasi baru yang bertujuan untuk memperoleh dana talangan dari Uni Eropa.

Para anggota parlemen mengadakan rapat larut malam hari Jumat (10/7) yang berlangsung hingga lewat tengah malam setelah mendengar imbauan langsung dari Perdana Menteri Alexis Tsipras.

Tsipras mengatakan kepada parlemen ia berharap Yunani pada akhir pertarungan yang sulit. Ia menyamakan perundingan berat dalam beberapa bulan ini dengan Uni Eropa sebagai perang dimana pemerintahannya telah berjuang untuk hak rakyat Yunani.

“Kita akan berhasil,” kata Tsipras meramalkan. “Kita akan berhasil bukan hanya tetap dalam Eropa tetapi juga hidup sebagai mitra yang sederajat dengan martabat dan kebanggaan, mengusahakan hak kita di Eropa dan membukakan jalan bagi negara-negara lain di Eropa.”

Usul barunya mencakup pemotongan pensiun lebih jauh dan kenaikan pajak – tuntutan yang telah diajukan para menteri keuangan Uni Eropa kepada Yunani dan yang telah ditolak rakyat dalam referendum hari Minggu lalu.

Usul tersebut juga mencakup tuntutan Yunani akan restrukturisasi hutang oleh Dana Moneter Internasional.

Yunani meminta kepada Uni Eropa $60 milyar yang diangsur dalam 3 tahun.

Ke-28 pemimpin Uni Eropa akan mengadakan pertemuan puncak darurat hari Minggu untuk memutuskan apakah akan menerima usu ekonomi pemerintah Yunani itu.

Sebagian dari para pemimpin itu telah mengatakan ini adalah kesempatan terakhir Yunani untuk memenuhi tuntuan mereka. Mereka telah kecewa oleh apa yang sebegitu jauh hanyalah penolakan Athena untuk melakukan penghematan lebih jauh.

Kegagalan Yunani dan Uni Eropa mencapai persetujuan dapat mengakibatkan Yunani dikeluarkan dari zona euro.

Presiden Perancis Francois Holland mengatakan hari Jumat bahwa usul baru Yunani itu “serius dan layak dipercaya” dan menunjukkan tekad Athena untuk tetap dalam zona euro.

Yunani telah gagal membayar angsuran hutangnya $1,8 milyar kepada IMF pekan lalu ketika para menteri keuangan Eropa menolak perpanjangan dana talangan sebelumnya yang tadinya memungkinkan Yunani membayar IMF.

Krisis ekonomi Yunani mulai tahun 2009 ketika terungkap bahwa mantan pemerintah konservatif tidak melaporkan jumlah sesungguhnya utang Yunani. Pengungkapan itu terjadi bersamaan dengan resesi global yang mulai memburuk.​

XS
SM
MD
LG