Tautan-tautan Akses

AS

Menteri Keuangan Meksiko Mundur Setelah Kunjungan Trump


Menteri Keuangan Meksiko Luis Videgaray. (Foto: Dok)

Menteri Keuangan Meksiko Luis Videgaray. (Foto: Dok)

Rakyat Meksiko menganggap kunjungan itu, yang merupakan ide Menteri Keuangan Luis Videgaray, sebagai penghinaan bagi negara mereka.

Menteri Keuangan Meksiko Luis Videgaray, salah satu penasihat terdekat dan kepercayaan Presiden Enrique Pena Nieto, telah mengundurkan diri diduga karena mengundang calon presiden Amerika dari Partai Republik, Donald Trump untuk mengunjungi Meksiko.

Videgaray tidak menyatakan alasan di balik pengunduran dirinya itu, tetapi media Meksiko mengatakan itu adalah idenya untuk mendorong pertemuan dengan Trump. Tujuannya adalah untuk menenangkan pasar keuangan yang khawatir mengenai kandidat Partai Republik yang anti-Meksiko dan retorika anti-imigrannya.

Pena Nieto yang tampak muram mengatakan dalam konferensi pers bahwa Videgaray akan digantikan oleh mantan Menteri Keuangan Jose Antonio Meade.

Presiden Pena Nieto secara luas dipermalukan karena mengundang Trump dengan mendadak Rabu lalu. Trump telah berulang kali berjanji akan membangun tembok di sepanjang perbatasan kedua negara untuk mencegah masuknya imigran gelap. Ia mengatakan Meksiko akan membayar pembangunan tembok itu.

Trump juga telah berjanji akan membatalkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara atau NAFTA karena terlalu banyak pabrik dan lapangan kerja Amerika pindah ke Meksiko.

Rakyat Meksiko menganggap pertemuan itu sebagai penghinaan bagi negara mereka. [sp/isa]

XS
SM
MD
LG