Tautan-tautan Akses

Di Tiongkok, Menlu Australia Bela Aliansi Militer dengan AS


Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr (Foto: dok).

Dalam lawatan pertamanya ke Beijing, Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr membela aliansi militer negaranya dengan Amerika.

Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr membela kebijakan negaranya untuk meningkatkan aliansi militer dengan Amerika ketika ia melakukan lawatan resminya yang pertama ke Tiongkok.

Carr mengatakan Selasa bahwa pembicaraannya dengan para pejabat Tiongkok didominasi oleh keprihatinan mengenai keputusan Australia untuk menampung hingga 2500 tentara Amerika sebagai bagian dari perubahan strategis pemerintahan Obama terhadap Asia-Pasifik.

Carr, yang mulai menjabat Maret lalu, mengatakan kepada wartawan di Beijing bahwa hubungan militer Australia-Amerika bukanlah hal baru. Ia mengatakan, Australia telah menjalin hubungan keamanan dengan Amerika sejak tahun 1905 ketika Jepang meraih kemenangan atas Rusia dalam perang maritim. Sejak tahun itu Australia ingin melihat Amerika memainkan peran di Asia –Pasifik.

Pada April, gelombang pertama tentara angkatan laut Amerika tiba di Australia Utara berdasarkan kesepakatan November yang menurut Washington ditujukan untuk mempertahankan keamanan di Asia-Pasifik. Keputusan itu secara luas diinterpretasikan para pejabat Tiongkok sebagai langkah untuk menyeimbangkan kekuatan Beijing yang meningkat.

Carr mengatakan, ia juga ingin melihat kerjasama militer yang lebih luas antara Australia dan Tiongkok. Selasa, ia bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang untuk membahas kemungkinan kesepakatan perdagangan bebas di antara kedua negara.
XS
SM
MD
LG