Tautan-tautan Akses

Bob Carr Ditunjuk Sebagai Menteri Luar Negeri Baru Australia


Perdana Menteri Australia Julia Gillard (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia Julia Gillard (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia Julia Gillard menunjuk mantan perdana menteri negara bagian Bob Carr sebagai menteri luar negeri untuk menggantikan Kevin Rudd.

Menlu Australia, Kevin Rudd meletakkan jabatan pekan lalu dan kemudian kalah dalam upaya menggulingkan Gillard dalam pemungutan suara hari Senin.

Perdana Menteri Australia Julia Gillard menunjuk mantan perdana menteri Bob Carr sebagai menteri luar negeri untuk menggantikan Kevin Rudd, yang berhenti dari jabatannya pekan lalu, kemudian kalah dalam upaya menggulingkan Gillard dalam pemungutan suara hari Senin.

PM Julia Gillard mengatakan, "Terima kasih banyak. Hari ini saya mengumumkan perubahan dalam kabinet. Saya telah membentuk tim terkuat untuk melakukan apa yang dibutuhkan negara ini agar di masa depan negara ini menjadi lebih kuat dan lebih adil. Pertama, Bob Carr akan bergabung dengan Senat dan akan menjabat Menteri Luar Negeri".

Carr pensiun dari politik tahun 2005 setelah 10 tahun menjabat perdana menteri negarabagian New South Wales, di mana ia berperan penting dalam membantu Sydney menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2000. Dalam jumpa pers hari Jumat, Carr, usia 64 tahun, mengatakan agak berat baginya keluar dari pensiun.

Selain menjadi menteri luar negeri, Carr akan menjabat dalam majelis tinggi Senat. Sampai Carr dilantik, jabatan menteri luar negeri tetap akan dipegang Craig Emerson.

“Terjadi pertentangan dalam pikiran saya. Tetapi pada akhirnya ketika suara yang jelas Perdana Menteri Gillard membangunkan saya dari tidur saya dan mengatakan ‘maukah anda menjadi menteri luar negeri Australia,’ saya tidak dapat mengatakan tidak,” kata Carr mengomentari pemilihan dirinya sebagai Menlu baru Australia.

XS
SM
MD
LG