Tautan-tautan Akses

Menlu Turki: Jet Ditembak Jatuh di Wilayah Udara Internasional


Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu di Ankara, (24/6).

Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu di Ankara, (24/6).

Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu mengatakan Suriah menembak jatuh jet tempur Turki ketika pesawat itu sedang terbang di wilayah udara internasional.

Kepada stasiun televisi pemerintah TRT hari Minggu, Ahmet Davutoglu, mengatakan, pilot-pilot sedang menguji kemampuan radar pesawat ketika jet tempur itu ditembak jatuh hari Jumat di atas Laut Tengah. Ia mengakui pesawat itu memang memasuki wilayah udara Suriah tetapi hanya sebentar, dan telah keluar sekitar 15 menit sebelum ditembak jatuh.

Pada hari Sabtu, Presiden Turki Abdullah Gul mengatakan jet tempur itu mungkin melanggar wilayah udara Suriah, tetapi menurutnya adalah biasa bagi jet-jet tempur yang terbang dengan kecepatan tinggi, melintasi perbatasan untuk jarak pendek.

Iran mendesak Suriah dan Turki agar menahan diri menyusul jatuhnya jet tempur itu. Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi, Sabtu (23/6) berbicara melalui telepon dengan rekannya dari Turki, Davutoglu. Menlu Iran mengimbau resolusi damai atas masalah itu.

Iran mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad sejak aksi-aksi protes anti-pemerintah merebak di seantero negara itu tahun lalu dan berkembang menjadi pemberontakan bersenjata.

Suriah mengakui menembak jatuh jet itu, dengan alasan pesawat itu melanggar wilayah udara Suriah. Pihak berwenang Suriah mengatakan mereka menembak jatuh jet tempur itu sesuai hukum yang mengatur situasi seperti itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG