Tautan-tautan Akses

Media: Suriah Tembak Jatuh Pesawat Turki


PM Turki Recep Tayyip Erdogan diperkirakan akan memberikan pernyataan tentang ditembaknya pesawat Turki oleh Suriah.

PM Turki Recep Tayyip Erdogan diperkirakan akan memberikan pernyataan tentang ditembaknya pesawat Turki oleh Suriah.

Sumber-sumber militer mengatakan, Suriah telah menembak jatuh sebuah jet tempur Turki dan bahwa pesawat itu jatuh di wilayah perairan Suriah.

Media Turki dan Lebanon mengatakan Suriah telah menembak jatuh sebuah jet tempur Turki, sementara utusan PBB untuk Suriah mengatakan sudah waktunya bagi negara-negara untuk "meningkatkan tekanan" terhadap pemerintah dan oposisi di Suriah untuk mengakhiri kekerasan di negara itu.

Berbagai laporan media mengutip para pejabat Turki mengatakan misi SAR telah diluncurkan untuk menemukan pilotnya. Sebuah stasiun TV setempat mengutip sumber-sumber militer yang tak disebutkan namanya mengatakan, bahwa pesawat itu jatuh di wilayah perairan Suriah.

Di Lebanon, televisi al-Manar milik Hizbullah melaporkan bahwa pasukan Suriah menembak jatuh pesawat itu. Televisi itu mengutip sumber-sumber keamanan Suriah.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan diperkirakan segera memberikan pernyataan. Menurut berbagai laporan insiden pesawat itu telah memicu diadakannya pertemuan darurat para petinggi militer, intelijen dan pemerintah Turki.

Sementara itu Kofi Annan memberitahu para wartawan di Jenewa, Jumat, bahwa negara-negara berpengaruh perlu membujuk kedua pihak di Suriah “untuk menghentikan pembunuhan dan memulai perundingan”.

Ia menambahkan bahwa Iran seharusnya menjadi “bagian dari solusi” untuk mewujudkan perdamaian di Suriah. Rusia telah menghendaki dilibatkannya Iran dalam menyelesaikan konflik itu, sementara Amerika mengatakan Iran seharusnya jangan dilibatkan.

Komentar Annan dikemukakan setelah para aktivis Suriah mengatakan, 26 orang yang dilaporkan adalah anggota milisi pro-pemerintah ‘shabiha’ tewas dalam penyergapan di provinsi Aleppo di Suriah utara.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG