Tautan-tautan Akses

Presiden Turki: Pesawat Turki Mungkin Lintasi Wilayah Suriah


Presiden Turki Abdullah Gul mengatakan, pesawat tempur Turki yang ditembak jatuh kemungkinan telah melanggar kedaulatan wilayah udara Suriah.

Presiden Turki Abdullah Gul mengatakan, pesawat tempur Turki yang ditembak jatuh kemungkinan telah melanggar kedaulatan wilayah udara Suriah.

Sebuah pesawat jet tempur Turki jenis F4 ditembak jatuh oleh pasukan pertahanan udara Suriah di atas Laut Mediterania, hari Jumat.

Presiden Turki Abdullah Gul mengatakan, pesawat tempur Turki yang ditembak jatuh oleh pasukan pertahanan udara Suriah kemungkinan telah melanggar kedaulatan wilayah udara Suriah.

Gul mengatakan Sabtu bahwa secara rutin pesawat tempur yang terbang dengan kecepatan tinggi melintasi perbatasan untuk jarak pendek. Katanya, sebuah penyelidikan akan menentukan apakah pesawat F4 buatan Amerika ditembak jatuh di wilayah udara Turki.

Pesawat tempur ditembak jatuh di atas Laut Mediterania Jumat.

Suriah mengaku menembak jatuh pesawat itu, katanya pesawat itu terbang rendah dan berada di wilayah udara Suriah waktu itu. Pejabat Suriah mengatakan mereka menembak jatuh pesawat tempur itu sesuai dengan hukum yang mengatur situasi seperti itu.

Deputi Perdana Menteri Turki Bulent Arinc mengatakan pesawat itu dipergunakan untuk melakukan pengintaian. Suriah berulangkali menuduh Turki menyalurkan informasi hasil pengintaiannya kepada pembrontak di Suriah dan juga mengirim senjata. Turki menolak tuduhan-tuduhan ini.

Pasukan Suriah dan Turki sedang bekerja sama untuk melakukan pencarian terhadap kedua pilot Turki yang hilang.

Hubungan antara Turki dan Suriah tegang, karena pemerintah Turki mengecam penumpasan berdarah yang dilancarkan pemerintah Presiden Bashar al-Assad.
XS
SM
MD
LG