Tautan-tautan Akses

Menlu Australia Undurkan Diri


Menteri Luar Negeri Australia, Kevin Rudd (22/2).

Menteri Luar Negeri Australia, Kevin Rudd (22/2).

Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd telah mengumumkan peletakan jabatannya. Hal ini merupakan tanda terbaru kerusuhan dalam tubuh Partai Buruh yang berkuasa di negara itu.

Rudd mengumumkan keputusan itu dalam kunjungan resmi di Washington Selasa malam, dengan mengatakan ia tidak dapat tetap memegang jabatan tanpa dukungan dan keyakinan Perdana Menteri Julia Gillard kepadanya.

"Saya tidak dapat tetap memegang jabatan sebagai menteri luar negeri kalau saya tidak memperoleh dukungan dari Perdana Menteri Gillard. Karena itu saya yakin satu-satunya hal terhormat, dan satu-satunya tindakan terhormat, adalah saya harus meletakkan jabatan,” demikian kata Kevin Rudd.

Media Australia telah melaporkan dalam beberapa hari ini bahwa sekutu Rudd sedang merencanakan kudeta dalam tubuh partai, sama seperti yang pernah terjadi untuk menggulingkan Rudd sebagai perdana menteri dan menempatkan Gillard pada pimpinan partai tahun 2010.

Para pendukung Gillard menanggapi rencana kudeta itu dengan menyerukan supaya Rudd dipecat dari kabinet. Rudd mengeluh hari Selasa bahwa Gillard telah gagal menolak tuntutan tersebut.

XS
SM
MD
LG