Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Komentari 'Momen Kritis' dalam Konflik Ukraina


Menlu AS John Kerry saat berpidato di hadapan para Menlu NATO di Antalya, Turki (13/5).

Menlu AS John Kerry saat berpidato di hadapan para Menlu NATO di Antalya, Turki (13/5).

Menlu AS melakukan kunjungan ke Rusia saat hubungan antara Washington dan Moskow memburuk, seperti pada masa pasca Perang Dingin, di tengah-tengah perselisihan mengenai Ukraina dan Suriah.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry dalam pertemuan dengan para menteri luar negeri NATO, di Antalya, Turki, Rabu (13/5), mengatakan bahwa saat ini merupakan "saat kritis" bagi Rusia dan kelompok separatis pro-Rusia untuk memenuhi kesepakatan damai yang ditujukan guna mengakhiri kekerasan di Ukraina timur.

Komentar Kerry tersebut menyusul pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, hari Selasa (12/5), di kota peristirahatan Rusia, Sochi.

Kerry di Rusia, mengatakan, "tidak ada gantinya" bagi pembicaraan langsung dengan pengambil keputusan utama berkenaan isu-isu global yang pelik, seperti konflik-konflik di Ukraina dan Suriah.

Perjalanan Kerry itu dilakukan pada saat hubungan antara Washington dan Moskow memburuk, seperti pada masa pasca Perang Dingin, di tengah-tengah perselisihan mengenai Ukraina dan Suriah. Lawatan tersebut tampaknya dirancang lebih sebagai upaya untuk mempertahankan hubungan diplomatik antara kedua negara.

Juga hari Selasa, sebuah laporan yang menyebutkan, sedikitnya 220 tentara Rusia gugur dalam pertempuran di Ukraina tenggara selama setahun belakangan ini. Lebih dari 6.100 orang tewas sejak April 2014 dalam krisis Ukraina.

XS
SM
MD
LG