Tautan-tautan Akses

Menlu AS, Rusia akan Bahas Kerusuhan di Ukraina


Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu Rusia Sergey Lavrov, saat bertemu di Paris, 5 Juni 2014 (Foto: dok/ REUTERS/Laurent Cipriani).

Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu Rusia Sergey Lavrov, saat bertemu di Paris, 5 Juni 2014 (Foto: dok/ REUTERS/Laurent Cipriani).

Negara-negara Barat menuduh Rusia mendukung pemberontak separatis di Ukraina dengan senjata dan tenaga kerja, klaim yang dibantah Moskow.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Sochi, hari Selasa (12/5), untuk membicarakan kerusuhan yang sedang berlangsung di Ukraina, Suriah dan Yaman, begitu dilaporkan oleh kantor-kantor berita Rusia, hari Senin.

Kantor berita pemerintah, RIA Novosti, mengutip sumber diplomatik yang mengatakan, Kremlin berharap Kerry akan membawa proposal baru tentang penyelesaian masalah Ukraina.

Ukraina terus terlibat dalam konflik sporadis, meskipun gencatan senjata telah dicapai pertengahan Februari lalu. Negara-negara Barat menuduh Rusia mendukung pemberontak separatis di Ukraina dengan senjata dan tenaga kerja, klaim yang dibantah Moskow.

Rusia gusar terhadap upaya terbaru Washington yang akan melatih pasukan Ukraina, menyebutnya sebagai kebijakan yang mengguncangkan kawasan.

Dalam kunjungan ke Moskow hari Minggu, Kanselir Jerman, Angela Merkel, mendesak Rusia untuk menggunakan pengaruhnya dalam membujuk separatis di Ukraina agar mematuhi gencatan senjata yang sering dilanggar itu.

XS
SM
MD
LG