Tautan-tautan Akses

NATO Tuduh Rusia Langgar Gencatan Senjata Ukraina


Sekjen NATO Jens Stoltenberg memberikan pidato Brussels, Belgia (foto: dok).

Sekjen NATO Jens Stoltenberg memberikan pidato Brussels, Belgia (foto: dok).

Sekjen NATO Jens Stoltenberg hari Senin (11/5) menuduh Rusia melanggar gencatan senjata dalam konflik Ukraina.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg hari Senin (11/5) menuduh Rusia melanggar gencatan senjata dalam konflik Ukraina karena terus memasok separatis pro-Rusia dengan bantuan militer.

“Telah ada penumpukan pasokan dari Rusia baik di perbatasan antara Rusia dan Ukraina, maupun juga di dalam wilayah Ukraina timur dengan engan aliran alat berat, tank, artileri, amunisi, sistem pertahanan udara dan banyak pelatihan .” Demikian ujar Stoltenberg di Brussels.

Penilaian Stoltenberg tentang konflik yang terus berlangsung di Ukraina itu disampaikan sementara Departemen Luar Negeri Amerika mengumumkan bahwa Menteri Luar Negeri John Kerry mengunjungi Sochi, Rusia untuk menghadiri pertemuan hari Selasa dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang krisis Ukraina dan konflik di Timur Tengah.

Rusia telah menyangkal tuduhan Barat bahwa negara itu mengatur pertempuran di Ukraina. Kunjungan ke Rusia ini adalah yang pertama bagi Kerry sejak pertempuran meletus di Ukraina timur lebih dari setahun lalu antara separatis pro-Rusia dan pasukan Kiev setelah Moskow menganeksasi semenanjung Krimea milik Ukraina.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Menteri Kerry, bersama Presiden Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei

Lavrov, akan membahas “berbagai masalah bilateral dan regional, termasuk Iran, Suriah dan Ukraina.”

XS
SM
MD
LG