Tautan-tautan Akses

Menlu AS Jabarkan Strategi Lawan Ekstremisme di Swiss


Menlu AS John Kerry saat berbicara pada Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss hari Jumat (23/1).

Menlu AS John Kerry saat berbicara pada Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss hari Jumat (23/1).

Menlu AS John Kerry hari Jumat (23/1) di Davos, Swiss, menjabarkan strategi jangka panjang untuk melawan ekstremisme kekerasan.

Berbicara hari Jumat kepada para pemimpin dunia dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menyerukan pendekatan "holistik," mencakup pemerintahan yang bertanggungjawab, dan pemberdayaan ekonomi, politik dan pendidikan bagi semua.

Diplomat-diplomat tinggi Amerika menyoroti upaya koalisi internasional itu memerangi militan ISIS di Irak dan Suriah. Tetapi ia menambahkan, pertarungan itu lebih besar dari sekadar perjuangan militer melawan ISIS.

Kerry mengatakan, dalam minggu-minggu mendatang, dunia harus bekerja memperkuat keamanan dan stabilitas di Yaman, Afrika Utara, Somalia dan Nigeria. Ia juga mengumumkan akan pergi ke Nigeria dalam beberapa hari mendatang.

Ia berpendapat, pada akhirnya memerangi ekstremisme kekerasan tidak akan diputuskan di medan perang, tetapi dalam ruang kelas dan pusat-pusat keagamaan, serta dengan menciptakan kemakmuran bersama secara luas.

Kerry menilai KTT bulan depan di Washington yang diadakan Presiden Obama sebagai forum untuk lebih membangun strategi multi-cabang guna melawan ancaman teroris.

XS
SM
MD
LG