Tautan-tautan Akses

Menlu AS Bertolak ke Brazil


Menlu AS John Kerry bertolak ke Brazil, setelah mengunjungi Kolombia (12/8).

Menlu AS John Kerry bertolak ke Brazil, setelah mengunjungi Kolombia (12/8).

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengunjungi Brazil, Selasa (13/8), sebagai bagian dari upaya meredakan kekhawatiran Amerika Latin atas program pengintaian Washington yang kontroversial.

Harian O Globo di Brazil baru-baru ini melaporkan bahwa Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) mencantumkan Kolombia dan Brazil dalam program pelacakan telepon dan komunikasi internet itu.

Di ibukota Kolombia, Bogata, pada hari Senin, Kerry mengatakan bahwa AS terlibat dalam upaya yang sangat rumit untuk menghentikan pembunuhan oleh teroris di berbagai wilayah. Ia mengatakan yakin dapat menjelaskan legalitas spionase itu dan maksud dilaksanakannya program tersebut, serta mengatakan program NSA adalah bagian yang "sangat kecil" dalam pembicaraan di Kolombia.

Menteri Luar Negeri Kolombia Maria Angela Holguin mengatakan kepada wartawan ia menerima apa yang dia sebutnya "jaminan yang diperlukan" yang memungkinkan Kolombia dan AS terus bekerja sama terkait masalah tersebut.

Kerry juga menjanjikan dukungan AS bagi upaya Kolombia untuk merundingkan diakhirinya pertempuran dengan pemberontak sayap kiri FARC yang sudah berlangsung selama 50 tahun.
XS
SM
MD
LG