Tautan-tautan Akses

Menlu AS Janjikan Bantuan untuk Akhiri Konflik di Kolombia


Menlu AS John Kerry (kiri) disambut oleh Presiden Kolombia Juan Manuel Santos setibanya di Istana Presiden Kolombia di Bogota (12/8).

Menlu AS John Kerry (kiri) disambut oleh Presiden Kolombia Juan Manuel Santos setibanya di Istana Presiden Kolombia di Bogota (12/8).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menjanjikan dukungan Amerika bagi upaya Kolombia untuk mengakhiri konflik lima dekade dengan pemberontak FARC.

Diplomat tertinggi Amerika, JOhn Kerry bertemu dengan para pejabat Kolombia, hari Senin (12/8) di Bogota yang berunding dengan para pemberontak untuk mengupayakan perdamaian pertama kalinya sejak tahun 1964. Kemudian, ia memainkan bola voli sambil duduk dengan tentara yang kehilangan anggota badan karena ranjau darat dalam pertempuran di Kolombia.

Dalam kesempatan tersebut, John Kerry menjanjikan dukungan Amerika. "Kami akan melakukan apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendukung program ini dan program lainnya, dan pada akhirnya membantu mengupayakan perdamaian di Kolombia," kata John Kerry.

Kerry dalam perjalanan pertamanya ke Amerika Selatan sejak menjadi Menteri Luar Negeri awal tahun ini. Kunjungan itu termasuk pertemuan dengan mitra sejawatnya dari Kolombia, Maria Angela Holguin, dan Presiden Juan Manuel Santos.

Duta besar Amerika untuk Kolombia, Michael McKinley, mengatakan pembicaraan itu akan menyentuh soal kegiatan mata-mata Amerika di Amerika Latin, bagian dari program yang dibocorkan oleh mantan kontraktor intelijen Amerika, Edward Snowden, yang kini tinggal di Rusia setelah mendapat suaka.

Kerry akan menuju ke Brasil pada hari Selasa untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin negara itu.
XS
SM
MD
LG