Tautan-tautan Akses

Menkeu Yunani: Kesepakatan Dana Talangan Hampir Tercapai


Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis, dalam sebuah konferensi ekonomi di Athena (14/5). (AP/Petros Giannakouris)

Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis, dalam sebuah konferensi ekonomi di Athena (14/5). (AP/Petros Giannakouris)

Jika tercapai, kesepakatan itu akan menyelamatkan negara yang dililit utang itu dari kemungkinan bangkrut.

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengatakan, ia memperkirakan kesepakatan dengan para kreditor dana talangan akan tercapai dalam waktu sepekan. Jika tercapai, kesepakatan itu akan menyelamatkan negara yang dililit utang itu dari kemungkinan bangkrut.

Telah hampir empat bulan pemerintah Yunani yang dipimpin radikal kiri melakukan tawar-menawar dengan para kreditor dari zona Euro, yang beranggotakan 19 negara, dan Dana Moneter Internasional (IMF) mengenai reformasi ekonomi yang harus dilakukan negara itu untuk memastikan suntikan dana sebesar 7,2 miliar euro (atau sekitar US$8 miliar).

Itu adalah pembayaran terakhir dari program dana talangan sebesar 240 miliar euro yang diterima negara itu lima tahun lalu setelah masalah keuangan Yunani menjadi tak terkontrol dan tidak memungkinkannya memasuki pasar obligasi internasional.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi swasta Star TV, Varoufakis mengatakan, para kreditor tampaknya berkeyakinan bahwa sudah saatnya mencapai kesepakatan. Namun ia menegaskan bahwa ia akan menolak kompromi apapun yang dianggap pemerintah Yunani sulit dipraktikkan.

Meskipun demikian Yunani mengakui bahwa negara itu hampir tak memiliki pilihan karena pembayaran utang lebih lanjut akan jatuh tempo bulan depan. Jika kesepakatan tidak tercapai, pemerintah Yunani akan terpaksa mengambil keputusan sulit, termasuk meninggalkan zona euro.

XS
SM
MD
LG