Tautan-tautan Akses

Menhan Gates Diundang Kunjungi Tiongkok, Mungkin Awal Tahun Depan


Menteri Pertahanan AS Robert Gates.

Menteri Pertahanan AS Robert Gates.

Gates sebelumnya pernah diundang ke Tiongkok, namun Beijing menarik undangan itu sebagai protes penjualan senjata AS kepada Taiwan.

Departemen Pertahanan Amerika mengatakan Tiongkok memperbaharui undangannya kepada Menteri Pertahanan Robert Gates untuk berkunjung ke negara itu.

Juru bicara Pentagon Geoff Morrell mengatakan kunjungan itu tampaknya akan diadakan awal tahun depan. Morrell juga mengatakan rencana-rencana telah disusun bagi pertemuan Gates dengan menteri Pertahanan Tiongkok Jenderal Liang Guanglie ketika diadakan konferensi regional di Hanoi minggu depan.

Gates sebelumnya pernah diundang ke Tiongkok, dan merencanakan berkunjung ke Beijing bulan Juni lalu, namun Tiongkok menarik undangan itu sebagai protes atas penjualan senjata Amerika kepada Taiwan bulan Januari.

Pembatalan undangan itu membuat Gates dan para pejabat senior Amerika mengatakan militer Tiongkok tidak sejalan dengan pernyataan pemimpin sipilnya yang ingin meningkatkan hubungan dengan Amerika di seluruh bidang lainnya.

XS
SM
MD
LG