Tautan-tautan Akses

Mantan Pejabat Tinggi PBB Terlibat Skandal Penyuapan


John Ashe, mantan Duta Besar PBB dari Antigua dan Barbuda (foto: dok).

John Ashe, mantan Duta Besar PBB dari Antigua dan Barbuda (foto: dok).

John Ashe, mantan Duta Besar PBB dari Antigua dan Barbuda, yang menjabat sebagai Ketua Sidang Umum PBB tahun 2013, dituduh menerima lebih dari 1,3 juta dolar uang suap.

Seorang mantan ketua Sidang Umum PBB ditahan dalam skandal korupsi luas yang melibatkan seorang pengusaha China untuk memenangkan upayanya dalam transaksi real estate.

Pihak berwenang menuduh John Ashe, mantan Duta Besar PBB dari Antigua dan Barbuda, yang menjabat sebagai Ketua Sidang Umum PBB tahun 2013, menerima lebih dari 1,3 juta dolar uang suap dari pengusaha China, untuk mengadakan konferensi PBB tentang bangunan di Makao. Konferensi itu menelan biaya jutaan dolar.

Ashe menghadapi tuduhan persekongkolan, penyuapan dan penipuan pajak dalam usaha itu. Ia dituduh bersama lima orang lainnya termasuk Francis Lorenzo, Wakil Dutabesar PBB dari Republik Dominika.

Milyarder China, Ng Lap Seng juga dituduh Selasa (6/10), bersama asistennya, Jeff Yin. Keduanya ditahan bulan lalu atas tuduhan terpisah.

Menurut pengaduan, penyuapan itu dilakukan melalui organisasi nirlaba yang berkantor di New York. Dua pejabat organisasi itu juga dituduh sebagai bagian dari penyelidikan.

Pengaduan itu mengatakan, bisnis kotor itu terungkap setelah penyelidikan selama tiga tahun, dari tahun 2011 hingga 2014 selagi Ashe masih memegang jabatan di PBB. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG