Tautan-tautan Akses

Malawi Siap Makamkan Jenasah Mendiang Presiden Mutharika


Mendiang Presiden Malawi Bingu Wa Mutharika dan ibu negara Callista Mutharika (Foto: dok). Jenasahnya akan dimakamkan hari ini (23/4).

Mendiang Presiden Malawi Bingu Wa Mutharika dan ibu negara Callista Mutharika (Foto: dok). Jenasahnya akan dimakamkan hari ini (23/4).

Malawi siap memakamkan mendiang presiden Bingu wa Mutharika, yang meninggal akibat serangan jantung bulan ini.

Beberapa presiden Afrika berada di Malawi untuk mengikuti acara pemakaman hari Senin di kampung halaman Mutharika, termasuk di antaranya pemimpin Kenya, Tanzania, Namibia dan Zimbabwe.

Menteri Informasi Malawi, Moses Kunkuyu, mengatakan kepada VOA bahwa para pemimpin dari banyak partai politik juga memberi penghormatan bersama orang-orang dari berbagai penjuru negara itu.

Hubungan Mutharika dan wakil presiden Joyce Banda retak. Banda dikeluarkan dari partai berkuasa tetapi bangkit menduduki jabatan kepresidenan seperti yang diarahkan konstitusi negara itu. Kunkuyu mengatakan peran Presiden Banda dalam suasana berkabung itu adalah mempersatukan bangsa.

Mutharika memimpin Malawi sejak terpilih sebagai presiden pada tahun 2004 dan terpilih untuk masa jabatan ke-dua pada tahun 2009. Ia dipuji karena berhasil meningkatkan ketahanan pangan di Malawi dan pada suatu ketika membuat Malawi sebagai model politik dan ekonomi bagi negara-negara Afrika lainnya.

Dalam beberapa tahun belakangan, ekonomi nasional merosot dan pengangguran meningkat pesat, dan para kritikus menuduh perilaku otokratis mendiang presiden semakin meningkat.
XS
SM
MD
LG