Tautan-tautan Akses

Mahkamah Jerman Setujui Dana Talangan Permanen Zona Euro


Dana talangan permanen akan memberikan perlindungan finansial kokoh kepada 17 negara pengguna mata uang euro (foto: dok).

Dana talangan permanen akan memberikan perlindungan finansial kokoh kepada 17 negara pengguna mata uang euro (foto: dok).

Keputusan mahkamah tertinggi Jerman ini memberikan perlindungan finansial kokoh kepada eurozone dalam upaya menanggulangi krisis keuangan yang telah berlangsung tiga tahun.

Mahkamah Konstitusi Federal hari Rabu mengeluarkan putusan bahwa Jerman dapat meratifikasi Mekanisme Stabilitas Eropa bernilai 644 milyar dolar asal memenuhi syarat-syarat tertentu. Syarat itu antara lain mencakup pagu 244 milyar dolar kontribusi Jerman, yang hanya dapat dinaikkan dengan persetujuan parlemen.

Kanselir Jerman memuji putusan itu, yang menurutnya baik bagi Jerman dan Eropa.

Jerman yang memiliki perekonomian terbesar di Eropa adalah peserta penting dana itu, yang diciptakan untuk menyelamatkan negara-negara eurozone yang terbebani hutang. Tetapi sebagian legislator Jerman merasa segan untuk memberikan bantuan lebih jauh.

Para pemimpin Eropa juga mengupayakan cara-cara lain untuk mengatasi krisis, termasuk usul agar Bank Sentral mengawasi ke-6.000 bank di eurozone.
XS
SM
MD
LG