Tautan-tautan Akses

Libya Ubah Bekas Rumah Gaddafi jadi Lapangan Parkir


Buldozer menghancurkan kompleks bekas tempat tinggal Gaddafi yang dikenal sebagai Bab Al-Aziziya di Tripoli (foto: dok).

Buldozer menghancurkan kompleks bekas tempat tinggal Gaddafi yang dikenal sebagai Bab Al-Aziziya di Tripoli (foto: dok).

Pemerintah Libya mengatakan akan mengubah kompleks bekas tempat tinggal mantan diktator Moammar Gaddafi menjadi lapangan parkir.

Pemerintah Libya berencana mengubah kompleks bekas tempat tinggal Moammar Gaddafi menjadi lapangan parkir. Menteri Pariwisata Libya Ikram Bash Imam mengatakan pemerintah telah memulai “pekerjaan awal” pembangunan taman itu.

Kompleks bekas tempat tinggal Gaddafi yang dikenal sebagai Bab Al-Aziziya, terletak di pusat kota Tripoli, dan sebelumnya menjadi tempat tinggal orang-orang kaya Libya.

Tetapi simbol yang melambangkan kepemimpinan Gaddafi selama 40 tahun itu hancur akibat serangan udara NATO, dan kompleks yang luas itu kini dipenuhi puing-puing bangunan yang hancur dan reruntuhan bekas pertempuran.

Bulan lalu Perdana Menteri Libya Ali Zidan mengatakan daerah itu mengandung banyak bahan peledak.

Banyak orang telah pindah ke daerah itu, memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak, serta memasang pintu dan jendela baru.

Namun mereka tidak memiliki secara resmi bangunan itu. Perdana Menteri Ali Zidan mengatakan pemerintah masih berupaya mencari tempat pemukiman bagi orang-orang yang tinggal di daerah-daerah yang hancur akibat perang.
XS
SM
MD
LG