Tautan-tautan Akses

Legenda Sepakbola AS Frank Gifford Meninggal pada usia 84


Matan pemain New York Giants Frank Gifford saat menonton sebuah pertandingan di East Rutherford, New Jersey.

Matan pemain New York Giants Frank Gifford saat menonton sebuah pertandingan di East Rutherford, New Jersey.

Gifford merupakan bintang tim New York Giants sebelum pensiun dan menjadi penyiar acara olahraga dan komentator sepakbola.

Pemain sepakbola AS atau American football profesional yang mendapat tempat di Hall of Fame sekaligus merupakan penyiar kawakan, Frank Gifford, meninggal pada usia 84 tahun.

Dalam pernyataan Minggu (9/8), keluarganya mengatakan Gifford meninggal karena usia lanjut hari Minggu pagi di rumahnya dekat kota New York.

Lahir tahun 1930 di California, Gifford dikenal lewat tim sepakbola kampus Universitas Southern California sebelum bergabung dalam Liga Sepakbola Nasional (NFL) tahun 1952 sebagai pemain ke-11 tim New York Giants.

Selama 12 tahun karirnya ia bermain bersama Giants dan dinobatkan sebagai pemain paling berharga di liga itu tahun 1956 sementara tim Giants memenangkan kejuaraan liga tersebut. Karena keatletisan dan keluwesannya, Gifford menjadi bintang tim itu dan ia juga mahir sebagai bagian tim pertahanan dan tim khusus.

Setelah pensiun sebagai pemain football ia menjadi penyiar acara olah raga dan kemudian sebagai komentator pada program "Monday Night Football" untuk stasiun televisi ABC dari tahun 1971-1997. Ia juga tampil pada sejumlah film Hollywood, termasuk yang paling populer yaitu drama Perang Dunia II "Up Periscope."

Istrinya, Kathie Lee Gifford, adalah menjadi penyiar berita harian selama satu jam dalam program “Today” pada jaringan televisi NBC News.

XS
SM
MD
LG