Tautan-tautan Akses

NFL Angkat Pelatih Perempuan Pertama


Helm milik pemain Arizona Cardinals yang menunjukkan logo Liga Sepakbola Nasional AS (NFL).

Helm milik pemain Arizona Cardinals yang menunjukkan logo Liga Sepakbola Nasional AS (NFL).

Mantan pemain rugby tingkat universitas, Jan Welter, akan menjadi pelatih tim Arizona Cardinals.

Arizona Cardinals dari Liga Sepakbola Nasional AS (NFL) telah merekrut pelatih perempuan pertama dalam sejarah liga selama lebih dari 90 tahun.

Tim tersebut mengumumkan Senin (27/7) bahwa kepala pelatih Bruce Arians akan membawa Jen Welter melatih unit garis belakang Cardinals selama kamp pelatihan dan pra musim pertandingan yang akan datang sebagai pegawai magang atau kontrak.

Welter merupakan mantan pemain rugby tingkat universitas, yang bermain selama 14 tahun sebagai pemain belakang untuk Dallas Diamonds dalam Aliansi Sepakbola Perempuan. Ia membuat sejarah tahun ini ketika direkrut oleh Texas Revolution dalam Liga Sepakbola Dalam Ruangan untuk melatih para pemain belakang dan unit-unit tim khusus, menjadikannya perempuan pertama yang melatih liga sepakbola profesional pria.

"Melatih tidak beda dengan mengajar," ujar Arians dalam laman Cardinals. "Satu hal yang saya pelajari dari para pemain adalah 'Bagaimana Anda bisa membuat saya lebih baik? Jika Anda bisa membuat saya lebih baik, saya tidak peduli jika Anda Green Hornet, saya akan mendengarkan'."

Welter juga membuat sejarah tahun 2014 ketika ia menjadi pemain belakang dan tim khusus untuk Revolution, membuatnya menjadi perempuan pertama yang memainkan posisi tidak menendang dalam liga sepakbola pria.

Ia merupakan perempuan kedua yang direkrut sebagai pelatih penuh waktu dalam salah satu dari empat liga olahraga profesional utama di Amerika Serikat, menyusul perekrutan Becky Hammon sebagai asisten penuh oleh tim Asosiasi Bola Basket Nasional (NBA), San Antonio Spurs.

NFL juga akan mengalami terobosan lain untuk perempuan dalam musim mendatang, dengan dijadikannya Sarah Thomas sebagai salah satu pejabat.

XS
SM
MD
LG