Tautan-tautan Akses

Lance Armstrong Minta Maaf ke Yayasan Kanker atas Skandal Doping


Lance Armstrong telah meminta maaf secara pribadi kepada para staf yayasan kanker 'Livestrong' (foto: dok).
Lance Armstrong telah meminta maaf secara pribadi kepada para staf yayasan kanker 'Livestrong' (foto: dok).

Juara tujuh kali Tour de France dan bekas penderita kanker itu adalah pendiri Yayasan Livestrong, sebuah yayasan kanker yang berbasis di kota Austin, Texas.

Mantan juara balap sepeda Amerika Lance Armstrong telah meminta maaf secara pribadi kepada para staf yayasan kanker yang ia dirikan, karena publisitas negatif yang disebabkan oleh tuduhan ia menggunakan obat perangsang atau doping.

Juara tujuh kali Tour de France dan bekas penderita kanker itu adalah pendiri Yayasan Livestrong, yang berbasis di Austin, Texas.

Para saksi mengatakan Armstrong berusaha menahan air mata saat ia menyampaikan permintaan maaf yang tulus dan sepenuh hati. Tapi mereka mengatakan ia tidak secara langsung mengomentari tuduhan penggunaan obat-obatan.

Armstrong mengunjungi yayasan amal itu sebelum ia merekam wawancara televisi dengan Oprah Winfrey. Ia berencana merilis komentar publik pertamanya tentang tuduhan penggunaan obat-obatan dan tuduhan bahwa ia berbohong mengenai hal itu. Armstrong memberitahu Associated Press bahwa ia tenang dan siap berbicara terus terang.

Wawancara dengan Oprah itu akan disiarkan hari Kamis. Armstrong belum pernah diuji positif menggunakan obat-obat perangsang dan namanya dibersihkan tahun lalu oleh penyidik federal.

Tapi penyelidikan oleh Badan Anti-Doping Amerika menyimpulkan bahwa Armstrong terlibat dalam penggunaan obat kompleks yang canggih dan ilegal. Sejumlah atlet balap sepeda lainnya bersaksi bahwa Armstrong menggunakan berbagai obat-obat yang dilarang.

Federasi Olahraga Sepeda Internasional melucuti Armstrong dari ketujuh rekor gelar juara Tour de France dan melarangnya berkompetisi seumur hidup.
XS
SM
MD
LG