Tautan-tautan Akses

Gelar Juaranya Dicopot, Lance Armstrong Dilarang Ikuti Balap Sepeda Lagi


Lance Armstrong dilarang untuk mengikuti kegiatan balap sepeda dan dicopot 7 gelar juara Tour de France (foto: dok).

Lance Armstrong dilarang untuk mengikuti kegiatan balap sepeda dan dicopot 7 gelar juara Tour de France (foto: dok).

Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) telah melucuti tujuh gelar juara Tour de France yang diraih pebalap sepeda AS Lance Armstrong akibat kasus doping.

Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) telah mencopot tujuh gelar juara Tour de France yang diraih pebalap sepeda terkemuka Amerika Lance Armstrong dan melarangnya mengikuti kegiatan balap seumur hidup.

UCI hari Senin menyatakan meratifikasi sanksi-sanksi yang ditetapkan Badan Antidoping Amerika (USADA) Agustus lalu, yang melucuti gelar juara yang diraih Armstrong dari tahun 1999 hingga 2005.

USADA melansir laporan setebal 1.000 halaman berisi bukti yang terungkap dalam penyidikannya terhadap atlet balap sepeda berusia 41 tahun yang telah pensiun itu, termasuk kesaksian dari 11 mantan rekan satu timnya.

Armstrong telah bertahun-tahun menyangkal tuduhan tersebut, dengan mengatakan ia tidak pernah terbukti positif dalam tes bahan-bahan terlarang itu sepanjang kariernya.

Armstrong kehilangan sejumlah sponsor perusahaan besar pekan lalu yang menanggapi laporan USADA, termasuk di antaranya perusahaan busana atlet Nike, produsen bir Anheuser-Busch dan produsen sepeda Trek.

Armstrong mengundurkan diri sebagai ketua Livestrong, badan amal yang ia dirikan untuk menggalang dana bagi riset kanker lebih dari satu dekade lalu setelah ia sembuh dari kanker testis.
XS
SM
MD
LG