Tautan-tautan Akses

Kota Oklahoma Peringati 15 Tahun Pemboman


Pemboman di Oklahoma (foto:dokumentasi)

Pemboman di Oklahoma (foto:dokumentasi)

Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Janet Napolitano dijadwalkan berpidato.

Oklahoma City di negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat, hari Senin memperingati 15 tahun pemboman sebuah gedung pemerintah federal dalam serangan teror domestik yang paling mematikan dalam sejarah Amerika.

Para korban selamat, teman dan kerabat korban akan menghadiri perayaan di lokasi pemboman, di mana 168 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Janet Napolitano dijadwalkan berpidato.

Pelaku pemboman, Timothy McVeigh, mengatakan tindakannya adalah bentuk protes terhadap campur tangan pemerintah federal. Ia dihukum mati pada bulan Juni 2001.

Peringatan itu dilakukan ditengah-tengah meningkatnya sentimen anti-pemerintah di Amerika. Ribuan orang minggu lalu memadati ibukota Oklahoma tersebut untuk mengecam apa yang menurut mereka kekuasaan berlebih pemerintah federal.

Bill Clinton, yang menjadi presiden tahun 1995 ketika peristiwa itu terjadi, hari Jumat mengatakan ia melihat kesamaan berbahaya antara protes anti-pemerintah sekarang dan ketegangan politik menjelang pemboman di Oklahoma.

XS
SM
MD
LG