Tautan-tautan Akses

Korea Utara Kukuhkan Pemecatan Paman Kim Jong-Un


Tayangan TV Korsel memperlihatkan, Jang Song Thaek (belakang) mendampingi Kim Jong-Un dalam sebuah upacara di Pyongyang (foto: dok).

Tayangan TV Korsel memperlihatkan, Jang Song Thaek (belakang) mendampingi Kim Jong-Un dalam sebuah upacara di Pyongyang (foto: dok).

Korea Utara hari Senin (9/12) mengukuhkan pemecatan Jang Song Thaek, paman diktator Kim Jong Un.

Korea Utara telah mengukuhkan pemecatan Jang Song Thaek, paman diktator Kim Jong Un dan bekas orang paling berpengaruh kedua di pemerintahan.

Pejabat kantor berita Korea Utara, KCNA, mengatakan, Senin (9/12), Jang Song Thaek dipecat karena serangkaian tindakan kriminal, termasuk korupsi, bermain perempuan dan mengonsumsi narkoba.

Televisi pemerintah menayangkan gambar-gambar yang katanya adalah gambar penangkapannya sewaktu dalam pertemuan Biro Politik Komite Sentral Partai hari Minggu.

Pemimpin Korea Utara yang masih muda itu kini berkuasa tanpa kerabat yang selama ini dianggap sebagai mentor Kim Jong Un sewaktu ia mengkonsolidasikan kekuasaan setelah kematian ayahnya, Kim Jong Il, dua tahun lalu.

Televisi pemerintah menayangkan foto-foto yang menunjukkan Jang dikawal keluar dari pertemuan Partai Pekerja oleh petugas berseragam hari Minggu. Foto-foto menunjukkan Kim Jong Un duduk di podium dalam pertemuan yang sama.

Jung Young-tae, peneliti di Korea Institute for National Unification, memberitahu VOA yang merilis foto-foto pemecatan Jang, bahwa pemecatan itu akan membantu mengkonsolidasikan kehormatan pemimpin Kim Jong Un.

Jang menikah dengan bibi Kim Jong Un, Kim Kyong Hui. Belum jelas apa yang akan terjadi pada Jang Song Thaek atau apakah ia akan menghadapi tuduhan resmi pidana.
XS
SM
MD
LG