Tautan-tautan Akses

Wapres AS di Korsel untuk Pembicaraan Keamanan


Wakil Presiden AS, Joe Biden saat tiba di pangkalan udara Osan, Korea Selatan Kamis (5/12).

Wakil Presiden AS, Joe Biden saat tiba di pangkalan udara Osan, Korea Selatan Kamis (5/12).

Wakil Presiden AS, Joe Biden kini di Korea Selatan di tengah ketegangan karena Zona Identifikasi Pertahanan Udara atau ADIZ yang baru ditetapkan oleh China.

Hari Jumat (6/12) Biden akan bertemu di Seoul dengan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye sebelum berpidato mengenai kebijakan regional Amerika di Universitas Yonsei.

Pembicaraan itu kemungkinan mencakup ADIZ dan program nuklir Korea Utara .

Bulan lalu, Badan Energi Atom Internasional mengatakan kegiatan telah terlihat di reaktor nuklir Korea Utara, konsisten dengan upaya untuk menghidupkan kembali reaktor itu. Negara-negara berpengaruh, termasuk China dan Amerika, baru-baru ini telah meningkatkan upaya untuk memulai kembali perundingan guna menghentikan program senjata nuklir Pyongyang.

Biden tiba di Seoul dari Beijing, di mana ia mengatakan ADIZ telah menciptakan “kecemasan signifikan” di kawasan itu.

Amerika, Jepang dan Korea Selatan telah menolak semua zona baru di Laut China Timur itu.

China mengatakan zona itu sesuai dengan hukum internasional dan bahwa Amerika harus mengambil “sikap obyektif dan adil” mengenai hal itu.

Biden memberitahu sekelompok pemuka bisnis Amerika di Beijing hari Kamis bahwa ia "sangat berterus terang” mengenai masalah itu dalam pembicaraannya dengan Presiden China Xi Jinping.

Tetapi, Wakil Presiden Amerika itu mengatakan konflik antara Beijing dan Washington bisa dihindari, meskipun kedua pihak kadang-kadang berbeda pendapat. Seoul adalah persinggahan terakhir lawatan Biden di Asia selama seminggu.
XS
SM
MD
LG