Tautan-tautan Akses

Korea Utara Tawarkan Pengakhiran Percobaan Nuklir


Warga Korea Selatan menyaksikan penayangan berita tentang uji coba nuklir Korea Utara di sebuah stasiun kereta api di Seoul (Foto: dok).

Warga Korea Selatan menyaksikan penayangan berita tentang uji coba nuklir Korea Utara di sebuah stasiun kereta api di Seoul (Foto: dok).

Korea Utara pekan lalu melakukan percobaan nuklirnya yang ke-4, yang mendatangkan kutukan internasional dan peningkatan lebih jauh ketegangan di semenanjung Korea.

Korea Utara mengatakan negara itu akan menghentikan percobaan nuklir sebagai imbalan perjanjian perdamaian dengan Amerika Serikat dan pengakhiran latihan militer bersama antara Washington dan Seoul.

Usul yang dimuat dalam media pemerintah Korea Utara Jumat malam (15/1) tersebut, serupa dengan tawaran sebelumnya oleh Pyongyang yang segera ditolak oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Ketika ditanya mengenai usul itu dalam jumpa pers hari Jumat, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika John Kirby mengatakan ia belum mendengar tentang tawaran itu.

Korea Utara pekan lalu melakukan percobaan nuklirnya yang ke-4, yang mendatangkan kutukan internasional dan peningkatan lebih jauh ketegangan di semenanjung Korea. Percobaan itu adalah pokok pembicaraan dalam pertemuan hari Sabtu (16/1) di Seoul antara Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken dan Wakil Menteri Luar negeri Korea Selatan Lim Sung-nam.

Sebelumnya pekan ini, Kongres Amerika meluluskan rancangan undang-undang yang hendak menghambat Pyongyang memperoleh mata-uang asing yang dibutuhkannya bagi program senjata nuklirnya dengan memberlakukan sanksi yang lebih kuat. [gp]

XS
SM
MD
LG