Tautan-tautan Akses

Pejabat Korut Muncul lagi setelah 3 Bulan Menghilang 


Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kanan) berbicara dengan Choe Ryong Hae dalam sebuah acara parade di Pyongyang (foto: dok).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kanan) berbicara dengan Choe Ryong Hae dalam sebuah acara parade di Pyongyang (foto: dok).

Choe Ryong Hae, pembantu dekat Kim Jong Un yang menghilang tiga bulan, kembali tampil di muka umum menyampaikan pidato di Pyongyang hari Kamis (14/1).

Pejabat tinggi Korea Utara, yang menghilang dari mata publik selama tiga bulan, muncul kembali di depan umum, menurut media pemerintah negara komunis itu.

Kantor berita Korean Central News Agency melaporkan hari Jumat Choe Ryong Hae, pembantu dekat Kim Jong Un, menyampaikan pidato pada acara yang diselenggarakan di ibukota Pyongyang, hari Kamis (14/1).

Choe, sekretaris Partai Pekerja yang berkuasa, pernah dianggap sebagai salah satu tokoh Korea Utara yang paling kuat.

Tetapi dia tidak tampak di depan umum sejak bulan November, ketika namanya tidak ada dalam daftar hadir pada sebuah pemakaman kenegaraan, menimbulkan kabar angin bahwa ia mungkin telah disingkirkan. Badan intelijen Korea Selatan yakin selama tidak tampak Choe menjalani re-edukasi, bentuk hukuman yang lebih ringan dari penyingkiran.

Tidak jelas apakah kemunculan kembali Choe di depan umum berarti bahwa hubungannya sudah kembali pulih dengan pihak penguasa Korea Utara. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG