Tautan-tautan Akses

Korea Utara Ajak Korea Selatan Bicarakan Proyek Bersama


Tentara Koera melintasi perbatasan beberapa hari setelah perusahaan-perusahaan Korea Selatan menarik diri dari Kompleks Industri Kaesong (12/5).

Tentara Koera melintasi perbatasan beberapa hari setelah perusahaan-perusahaan Korea Selatan menarik diri dari Kompleks Industri Kaesong (12/5).

Korea Utara mengajak Korea Selatan melakukan pembicaraan mengenai serangkaian proyek komersial bersama, termasuk zona industri Kaesong.

Korea Utara mengusulkan pembicaraan dengan Korea Selatan mengenai serangkaian proyek komersial bersama yang macet. Hal itu merupakan sinyal lebih lanjut bahwa ketegangan di semenanjung Korea telah mereda.

Komisi Korea Utara untuk Reunifikasi Damai Korea mengusulkan pembicaraan mengenai zona industri Kaesong, yang ditutup bulan lalu, serta dimulainya kembali tur-tur lintas-perbatasan ke kawasan wisatanya, Gunung Kumgang.

Pernyataan yang dimuat kantor berita resmi Korea Utara itu menyebutkan Korea Utara berjanji memulihkan hubungan langsung dengan Korea Selatan di desa gencatan senjata yang ditinggalkan di perbatasan jika Korea Selatan menerima usul itu.

Dikatakan, jika perlu, isu-isu kemanusiaan, seperti reuni keluarga yang terpisah, bisa dibahas dalam pembicaraan yang diusulkan itu.

Korea Utara menyatakan siap kembali berdialog setelah berminggu-minggu mengancam Amerika dan Korea Selatan. Negara itu berang atas sanksi internasional yang didukung Amerika yang diberlakukan setelah Korea Utara melakukan uji-coba nuklir ketiga pada Februari.
XS
SM
MD
LG