Tautan-tautan Akses

Korea Utara Undang Pengusaha Korea Selatan Bahas Kaesong


Kompleks industri bersama Kaesong ditutup bulan April di tengah ketegangan yang meningkat antara dua Korea (foto: dok).

Kompleks industri bersama Kaesong ditutup bulan April di tengah ketegangan yang meningkat antara dua Korea (foto: dok).

Pyongyang bersedia mengadakan pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan Korea Selatan mengenai dibukanya kembali kompleks industri bersama Kaesong.

Korea Utara mengatakan bersedia untuk mengadakan pembicaraan dengan para pemilik perusahaan Korea Selatan mengenai dibukanya kembali kompleks industri bersama yang ditutup bulan April di tengah-tengah ketegangan yang meningkat.

Media pemerintah hari Selasa mengutip para pejabat pemerintah yang mengatakan para pengusaha Korea Selatan tidak perlu khawatir mengenai keselamatan mereka jika mereka memasuki kompleks industri Kaesong tersebut untuk mengadakan pembicaraan.

Tetapi Pyongyang menolak seruan oleh Seoul untuk mengadakan pembicaraan tingkat kerja pemerintah mengenai dibukanya kembali kompleks tersebut, yang terletak 10 kilometer di sebelah utara zona bebas militer.

Korea Utara menarik 53 ribu pekerjanya dan menghalangi warga Korea Selatan memasuki sarana tersebut bulan lalu sebagai bagian dari reaksi marahnya atas sanksi PBB yang diperluas akibat percobaan nuklir terbaru Korea Utara. Seoul menarik para pekerjanya tidak lama kemudian.
XS
SM
MD
LG