Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Salahkan Korea Utara atas Batalnya Perundingan


Menteri Unifikasi Korea Selatan, Ryoo Kihl-jae menyalahkan Korea Utara atas gagalnya perundingan di Seoul (foto: dok).

Menteri Unifikasi Korea Selatan, Ryoo Kihl-jae menyalahkan Korea Utara atas gagalnya perundingan di Seoul (foto: dok).

Menteri Unifikasi Ryoo Kihl-Jae hari Rabu (12/6) mengatakan pembatalan pembicaraan ini disebabkan karena Korea Utara menolak mengirimkan pejabat-pejabatnya.

Menteri Unifikasi Korea Selatan mengatakan pembatalan perundingan tingkat tinggi dengan Korea Utara sangat disesalkan, tetapi merupakan bagian penting dalam hubungan yang baru dengan Korea Utara.

Perundingan yang sedianya berlangsung hari Rabu di Seoul, ditunda pada saat-saat terakhir karena apa yang tampaknya sebagai perselisihan kecil tentang siapa yang mewakili masing-masing negara.

Menteri Unifikasi Ryoo Kihl-Jae hari Rabu mengatakan pembatalan pembicaraan ini disebabkan karena Korea Utara. Menurutnya harus ada ketulusan jika ingin memulihkan hubungan dengan Korea Selatan.

Beberapa pejabat Korea Selatan mengatakan Korea Utara menolak mengirim pejabat-pejabat ke perundingan itu karena tersinggung oleh penunjukkan pejabat setingkat wakil menteri bukan menteri dari Korea Selatan sebagai ketua delegasi.

Beberapa hari sebelumnya Korea Utara menolak tawaran Korea Selatan untuk menyelenggarakan perundingan tingkat menteri, yang tidak pernah dilangsungkan kedua Korea sejak tahun 2007. Belum ada pernyataan dari pihak Korea Utara tentang status perundingan tersebut.

Korea Selatan hari Rabu mengatakan Korea Utara tidak menjawab pangilan telfon hotline antar-pemerintah yang dipulihkan Korea Utara pekan lalu dalam upaya mengkoordinasikan perundingan ini.
XS
SM
MD
LG