Tautan-tautan Akses

Konservatif Dekati Kemenangan Pemilihan Legislatif di Australia


Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (kiri) dan anggota Federal Brisbane Trevor Evans berjalan-jalan di tengah kota Brisbane, Australia.

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (kiri) dan anggota Federal Brisbane Trevor Evans berjalan-jalan di tengah kota Brisbane, Australia.

Pemerintah konservatif yang berkuasa di Australia semakin mendekati kemenangan untuk mempertahankan kekuasaan setelah pemilihan legislatif yang secara mengejutkan berlangsung ketat.

Analisis Australian Broadcasting Corporation menyebutkan koalisi Liberal/Nasional pimpinan Perdana Menteri Malcolm Turnbull akan meraih 73 kursi di DPR, kurang tiga kursi dari total yang diperlukan untuk membentuk pemerintah mayoritas.

Turnbull mempersempit selisih tersebut Kamis setelah mengunjungi Brisbane dan menerima janji legislator independen Bob Katter yang akan mendukung koalisi. Katter mengatakan kepada para wartawan setelah pertemuan itu bahwa ia membuat keputusannya tanpa antusiasme besar. Ia melakukan demikian hanya agar Australia tidak menggelar pemilihan lainnya.

ABC menyatakan partai Buruh yang beroposisi meraih 66 kursi, lima kursi diraih empat kandidat partai kecil dan seorang kandidat independen. Enam kursi lainnya belum diketahui hasilnya karena perolehan suara para kandidat berselisih sangat tipis.

Pemimpin Partai Buruh Bill Shorten mengakui bahwa Perdana Menteri Turnbull akan kembali menjabat, tetapi dengan kewenangan dan mandat yang berkurang serta partai politik yang sangat terpecah.

Kebuntuan dalam pemilihan Sabtu lalu telah mendorong badan pemeringkat global Standard and Poor menurunkan peringkat kredit Australia dari AAA stabil menjadi negatif. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG