Tautan-tautan Akses

Kongres AS Rayakan HUT ke-95 Nelson Mandela


Nelson Mandela genap berusia 95 tahun hari Kamis (18/7) ini (foto: dok).

Nelson Mandela genap berusia 95 tahun hari Kamis (18/7) ini (foto: dok).

Anggota Kongres Amerika memeriahkan ulangtahun ke-95 Nelson Mandela dengan merayakan kehidupan dan warisan tokoh anti-apartheid Afrika Selatan itu.

Serombongan penyanyi dan penabuh gendang tradisional Afrika Selatan, berbusana warna warni, menari-nari sambil memasuki Ruang Emansipasi, Gedung Kongres atau Capitol Hill.

Dihadiri tokoh-tokoh hak-hak sipil, anggota Kongres Amerika bergantian membaca kutipan tulisan-tulisan Mandela, pada masa-masa kehidupannya sebagai tahanan, pejuang kemerdekaan, pemenang hadiah Nobel Perdamaian dan Presiden Afrika Selatan.

Ketua DPR Amerika John Boehner menyebut Mandela, "negarawan luar biasa.'' Pemimpin mayoritas Senat Harry Reid menggambarkan Mandela sebagai "George Washington Afrika Selatan."

Dutabesar Afrika Selatan untuk Amerika Ebrahim Rasool mengatakan tidak diragukan, Nelson Mandela akan meninggalkan warisan abadi karena ia membela orang yang tertindas di seluruh dunia.

Mandela dirawat di rumahsakit Pretoria sejak awal Juni untuk pengobatan infeksi paru-paru. Anggota keluarga dan dokter hari Kamis mengatakan mereka berbesar hati karena membaiknya kondisi kesehatan Mandela.

Sementara itu, para pemimpin di Afrika Selatan dan dunia juga memberi selamat kepada Nelson Mandela, ikon anti-apartheid yang berulangtahun ke-95 hari Kamis. Mantan Presiden Afrika Selatan itu masih dalam kondisi kritis di rumahsakit Pretoria, tetapi pejabat-pejabat melaporkan kondisinya “semakin membaik”.

Putri Mandela, Zindzi Mandela, mengukuhkan kesehatan ayahnya membaik. Ia yakin ayahnya akan segera pulang.

Ribuan orang di Afrika Selatan merayakan Hari Nelson Mandela, dengan menyumbangkan 67 menit waktu mereka untuk menolong orang lain, atau satu menit untuk setiap tahun yang diabdikan Mandela dalam memperjuangkan HAM dan martabat manusia.

Presiden Jacob Zuma mengucapkan selamat ulang tahun kepada Mandela, dan menyatakan Afrika Selatan bangga menyebut tokoh internasional itu warganya.

Di Markas Besar PBB, New York, Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon menyebut Mandela sebagai "tokoh besar dunia yang memperjuangkan kesetaraan dan keadilan."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG