Tautan-tautan Akses

Afrika Selatan Bantah Mandela dalam Kondisi Vegetatif


Warga memasang pesan untuk mendoakan kesembuhan Mandela di depan rumah sakit yang merawat mantan Presiden Nelson Mandela di Prestoria (5/7).

Warga memasang pesan untuk mendoakan kesembuhan Mandela di depan rumah sakit yang merawat mantan Presiden Nelson Mandela di Prestoria (5/7).

Pemerintah Afrika Selatan mengulang kembali bantahannya terhadap laporan media bahwa mantan presiden Nelson Mandela saat ini berada dalam kondisi vegetatif.

Laporan yang dilansir kantor berita Perancis AFP, Kamis, itu didasarkan pada dokumen pengadilan yang diserahkan Juni. Dokumen-dokumen pengadilan itu berasal dari sengketa hukum di dalam keluarga Mandela mengenai di mana jenazah tiga anak Mandela harus dimakamkan.

Pernyataan dari kantor kepresidenan mengutip para dokter yang membantah laporan yang menyatahan mantan presiden Afrika Selatan tersebut dalam kondisi hidup karena ditopang alat bantu medis (vegetatif), dan mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa Mandela masih dalam kondisi kritis tetapi stabil.

Ikon anti-apartheid berusia hampir 95 tahun itu telah dirawat hampir sebulan di Mediclinic Heart Hospital, di Pretoria.

Seorang teman dekat dan sesama aktivis anti-apartheid, Denis Goldberg, Jumat, memberitahu wartawan bahwa ketika ia membesuk Mandela awal pekan ini, mantan presiden itu dalam keadaan sadar. Goldberg mengatakan Mandela bereaksi pada apa yang ia katakan.
XS
SM
MD
LG