Tautan-tautan Akses

Konferensi Maritim Janjikan $2 Miliar untuk Lindungi Laut


Presiden AS Barack Obama berbicara dalam Konferensi Lautan Kita yang diadakan oleh Departemen Luar Negeri di Washington, DC (15/9). (Reuters/Kevin Lamarque)

Presiden AS Barack Obama berbicara dalam Konferensi Lautan Kita yang diadakan oleh Departemen Luar Negeri di Washington, DC (15/9). (Reuters/Kevin Lamarque)

Susunan kimia laut telah berubah dan permukaan air laut terus meningkat, mengancam akan memusnahkan banyak mata pencaharian masyarakat yang tinggal di pesisir.

Lebih dari 120 proyek konservasi lautan, termasuk hampir US$2 miliar dalam janji-janji dan komitmen baru, diumumkan dalam konferensi maritim besar yang diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri Amerika.

Para pejabat mengatakan proyek itu akan mencakup lebih dari lebih dari 2 juta kilometer persegi kawasan perlindungan laut baru dan kawasan laut lindung yang diperluas di seluruh dunia.

Pemerintah negara-negara yang menghadiri konferensi “Laut Kita” pada tahun 2014 dan 2015 telah berjanji untuk melindungi hampir 6 juta kilometer persegi laut, atau wilayah yang lebih dari dua kali luas India.

Presiden Barack Obama mengatakan bahwa "pemerintahan saya telah melindungi lebih banyak wilayah perairan dalam sejarah." Tapi, kata Obama kepada para pejabat yang menghadiri konferensi kelautan ketiga pada hari Kamis (15/9), lebih banyak lagi yang harus dilakukan karena susunan kimia laut telah berubah, dan permukaan air laut terus meningkat, mengancam akan memusnahkan banyak mata pencaharian masyarakat yang tinggal di pesisir.

"Ini sedang terjadi sekarang. Ini juga terjadi di Amerika," kata Obama kepada para hadirin di Departemen Luar Negeri Amerika. [sp/isa]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG