Tautan-tautan Akses

Obama Umumkan Monumen Laut Pertama di Samudra Atlantik


Kawasan Northeast Canyons atau “Ngarai Timur Laut” di Samudra Atlantik (foto: dok).

Kawasan Northeast Canyons atau “Ngarai Timur Laut” di Samudra Atlantik (foto: dok).

Presiden Obama Kamis (15/9) menetapkan Northeast Canyons atau “Ngarai Timur Laut” dan Monumen Laut Nasional Seamounts di Samudra Atlantik sebagai tempat yang dilindungi.

Presiden Amerika Barack Obama hari Kamis (15/9) mengumumkan penetapan taman laut nasional di Samudra Atlantik, untuk melestarikan hampir 5.000 mil persegi lembah dan pegunungan bawah laut di lepas pantai New England, di wilayah timur laut Amerika.

Presiden Obama menandatangani proklamasi yang menetapkan Northeast Canyons atau “Ngarai Timur Laut” dan Monumen Laut Nasional Seamounts sebagai tempat yang dilindungi, sehingga di tempat itu penangkapan ikan secara komersial, pertambangan dan pengeboran dilarang.

Namun demikian, ada pengecualian selama ujuh tahun untuk industri udang galah dan kepiting merah. Suhu air di daerah itu yang luasnya sekitar sama dengan negara bagian Connecticut itu diharapkan diperkirakan akan menghangat jauh lebih cepat daripada rata-rata global.

Pengumuman ini disampaikan selagi konferensi tentang perlindungan laut dimulai hari Kamis di Washington. Konferensi ini akan dihadiri oleh para pemimpin dari lebih dari 20 negara yang masing-masing akan mengumumkan pembentukan daerah laut yang dilindungi. [lt]

XS
SM
MD
LG