Tautan-tautan Akses

Kondisi Mandela Kembali Stabil


Anak-anak Afrika Selatan berpose di depan rumah sakit jantung Medi-Clinic, tempat mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela dirawat di Prestoria, Afrika Selatan (27/6). Kondisi Mandela dikabarkan lembali stabil setelah mengalami masa kritis.

Anak-anak Afrika Selatan berpose di depan rumah sakit jantung Medi-Clinic, tempat mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela dirawat di Prestoria, Afrika Selatan (27/6). Kondisi Mandela dikabarkan lembali stabil setelah mengalami masa kritis.

Afrika Selatan mengatakan kondisi Nelson Mandela yang kritis kini mulai stabil setelah menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan semalam.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Jacob Zuma mengatakan kondisi Mandela lebih baik hari Kamis saat ia menjenguknya semalam di rumah sakit, Kamis (27/6).

Presiden Zuma membatalkan lawatan yang direncanakan ke Mozambik setelah mengecek kesehatan ikon anti-apartheid berusia 94 tahun itu.

Sebelumnya Kamis, putri Nelson Mandela, Makaziwe, mengatakan mantan Presiden Afrika Selatan itu dalam kondisi sangat kritis saat anggota keluarga Mandela berkumpul di Rumah Sakit Jantung Mediclinic, di Pretoria, di tempat Mandela dirawat selama 19 hari terakhir. Menurut Makaziwe, Mandela tidak terlihat baik namun keluarga tersebut masih mengharapkan kesembuhan baginya.

Kerumunan warga Afrika Selatan masih terlihat di luar fasilitas tersebut, memberi penghormatan ke pada ikon anti-apartheid itu melalui poster, lagu dan doa.

Banyak yang mengatakan mereka berharap Mandela pulih namun siap untuk melepas kepergiannya jika itu membebaskannya dari rasa nyeri. Pemenang Nobel Perdamaian itu dirawat di rumah sakit sejak 8 Juni karena infeksi paru-paru yang kambuh.

Sementara itu, Presiden AS Barack Obama mengatakan, Nelson Mandela adalah pahlawan dunia yang peninggalannya akan abadi.

Obama memberi penghormatan kepada ikon anti-apartheid yang sedang dalam kondisi kesehatan kritis itu hari Kamis (27/6), sewaktu tampil bersama Presiden Senegal Macky Sall di Dakar.

Presiden Obama mengatakan ia juga menganggap Mandela sebagai pahlawan pribadinya. Ia mengatakan, pikiran dan doanya tercurah kepada keluarga Mandela.

Presiden Senegal Sall mengatakan, Mandela “lebih dari sekadar idola bagi kita semua”, dan mengungkapkan harapan bahwa para pemimpin dunia akan meneladani Mandela.

Obama berencana mengunjungi Afrika Selatan dalam lawatan tiga negaranya ke benua itu dan berhenti di penjara di mana Mandela pernah dikurung selama hampir dua dekade.
XS
SM
MD
LG