Tautan-tautan Akses

Keluarga Mandela Adakan Pertemuan Darurat


Sebuah mobil yang membawa para sesepuh keluarga Mandela terlihat di luar rumah mantan presiden tersebut di Qunu (25/6).

Sebuah mobil yang membawa para sesepuh keluarga Mandela terlihat di luar rumah mantan presiden tersebut di Qunu (25/6).

Anak-anak Nelson Mandela dikabarkan telah mengadakan pertemuan untuk membicarakan masalah keluarga terkait kesehatannya yang menurun.

Para kerabat mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela berkumpul di rumahnya Selasa (25/6) di saat tokoh tersebut masih dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Laporan-laporan media di Afrika Selatan mengatakan bahwa anak-anak Mandela telah mengadakan pertemuan untuk membicarakan masalah-masalah keluarga, diduga terkait dengan kesehatannya yang menurun. Berbagai kerabat terlihat tiba pada tengah hari di rumahnya di Qunu, provinsi Eastern Cape.

Pihak kepresidenan mengatakan sebelumnya bahwa kondisi Mandela masih "belum berubah" dan bahwa para dokter melakukan yang terbaik "untuk menjamin kesembuhan, kesehatan dan kenyamanannya."

Pemimpin gerakan anti-aparteid itu dirawat di sebuah rumah sakit di Pretoria lebih dari dua minggu lalu karena infeksi paru-paru.

Pada Selasa, para warga di kota Soweto menyampaikan harapan mereka bagi penerima Hadiah Nobel Perdamaian itu.

"Pesan saya sederhana: pemulihan yang cepat. Karena kita sebagai bangsa dan keluarganya lebih memerlukan dia sekarang dibandingkan dahulu," ujar Isaac Mabena.

"Ia telah menjadi inspirasi bagi sebagian besar dari kita dan semoga Tuhan mengasihinya dan membuatnya sembuh. Namun jika sudah saatnya ia pergi dan meninggalkan kita, maka terjadilah," kata Mpho Marotola.

Pihak berwenang dan para anggota keluarga minggu lalu mengatakan bahwa Mandela terlihat membaik, namun pemberitaan menunjukkan kabar yang tidak baik Sabtu lalu, ketika pemerintah mengatakan kondisinya kritis.

Menteri Hubungan Internasional Afrika Selatan Maite Nkoana-Mashabane mengatakan Selasa bahwa Presiden AS Barack Obama tidak akan bertemu dengan Mandela dalam kunjungannya ke Afrika Selatan.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney tidak ingin berspekulasi tentang bagaimana kesehatan Mandela akan berdampak pada kunjungan Obama. Carney hanya mengatakan bahwa Obama "masih bersemangat dengan kunjungan tersebut" dan mengatakan bahwa Presiden AS tersebut menganggap Mandela salah satu pahlawannya.

Para anggota keluarga Mandela terus mengunjunginya di rumah sakit Senin.

Putri Mandela, Makaziwe, mengatakan pada CNN Senin bahwa keluarga mereka menikmati setiap hari dan waktu sebanyak mungkin bersamanya. Ia mengatakan yakin ayahnya dalam keadaan tenang.
XS
SM
MD
LG