Tautan-tautan Akses

NATO Satukan Langkah Hadapi Ancaman ISIS dan Agresi Rusia


Jenderal AS, Joe Dunford mengatakan NATO sudah mempunyai pandangan bersama soal ancaman ISIS dan Rusia (foto: dok).

Jenderal AS, Joe Dunford mengatakan NATO sudah mempunyai pandangan bersama soal ancaman ISIS dan Rusia (foto: dok).

Para pemimpin militer NATO sepakat untuk melakukan pendekatan bersama guna menghadapi tantangan keamanan dari ISIS dan agresi Rusia.

Setelah berbulan-bulan terjadi perbedaan pendapat, para pemimpin militer NATO sekarang melakukan pendekatan bersama untuk menghadapi tantangan keamanan yang dihadapi negara-negara anggota di timur dan selatan. Demikian kata Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Amerika, Jenderal Joe Dunford hari Kamis (19/5).

Jenderal Joe Dunford mengatakan NATO sudah mempunyai pandangan bersama - dalam KTT para menteri Pertahanan NATO pada hari Rabu dan mampu melihat masalah keamanan dengan strategi yang lebih menyeluruh.

"Saya pikir ini jauh lebih produktif daripada pertemuan bulan Februari," kata Dunford kepada para wartawan yang bepergian dengan dia dari Brussels ke Amerika Serikat.

"Pengertian bersama mengenai tantangan terhadap selatan dan timur, (kini) sudah agak sama," tambahnya.

Dunford dan pendahulunya, Jenderal Martin Dempsey, merasa kecewa - menyusul KTT para menteri pertahanan sebelumnya , tatkala anggota aliansi berselisih mengenai apakah NATO harus memprioritaskan fokusnya pada ancaman agresi Rusia - di sisi timur atau ancaman - ISIS terhadap NATO dari sisi selatan.

KTT berikutnya NATO direncanakan - diadakan bulan Juli di Warsawa. Di situlah nanti - para pemimpin militer berharap - dapat menyajikan strategi keamanan - untuk tahun 2016 dan 2017. [sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG